Music

LightBlog

Breaking

LightBlog

Selasa, 13 Juni 2017

Pengaruh Digital Dalam Dunia Pendidikan

Pengaruh Digital Dalam Dunia Pendidikan

         

UNIVERSITAS POTENSI UTAMA adalah sekolah tinggi yang memiliki pembelajaran menggunakan sistem digital yang sangat tinggi. terutama bagi mahasiswanya, hampir seluruh mahasiswa UNIVERSITAS POTENSI UTAMA  memiliki alat teknologi masing-masing, ya contohnya gadget, laptop tablet, dsb. Ngomongin alat teknologi sangat lucu bila zaman sekarang gaptek akan teknologi yang sangat berkembang pesat ,, bahkan sangat jarang non electronik dipergunakan ,seperti surat kabar , majalah ,fax dll.. bahkan sangat gampang untuk kita menemukan gadget yang keren dan setiap tahun juga perkembangan gadget berubah berubah,, dan dibantu ada nya akses internet yang berseliwiran dimana mana yang memudahkan kita untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak, bahkan sesuatu yang kita tidak pernah tau akan menjadi tau ,,
dan sekarang dunia teknologi  sangatlah membantu kita dalam memudahkan kita untuk belajar dan mendapat informasi yang kita butuhkan dari mana saja ,kapan saja,dan siapa saja,, bahkan anak umur 12 thn pun sudah pandai menggunakan gadget ,,contohnya : sianya baru 12 tahun, namun otak Wang Zheng sungguh canggih. ‘Anak ajaib’ tersebut akhirnya dinobatkan sebagai ‘hacker termuda’ di China. Bocah berkaca mata itu bahkan mulai memberikan presentasi dalam seminar bertopik keamanan di internet.
 dan didalam dunia digital yang terus berkembang terkadang  mempengaruhin beberapa aspek dikehidupan kita ,, salah satunya di dunia PENDIDIKAN.. 

pasti anda juga merasakanya kan?
Bagaimana teknologi digital dan di tambah dengan akses internet dapat membantu kita dalam belajar ,,bahakan tak jarang darikita menggunakan media internet untuk menjawab soal yang ada dibuku,walaupun jawaban tersebut ada dalam buku,, 
Dan tak jarang kita lihat seorang guru membuat metode pembelajarnya menggunakan teknoloi digital..



Bagaimana peran TEKNOLOGI DIGITAL  didunia pendidikan?



Peran Teknologi Digital Didunia Pendidikan sangat lah Mempengaruh ,, Bahkan sekarang khususnya Komputer ,,bahkan sudah menjadi Kurikulum pelajaran diindonesia dari SD,SMP,dan SMA ,Namun, demikian yang paling besar pengaruhnya adalah di Perguruan Tinggi, dimana hampir semua perguruan tinggi di Indonesia sudah memanfaatkan teknologi ini dalam perkuliahannya, baik melalui tatap muka maupun secara online. Sebagai contoh seorang Mahasiswa yang Presentasi didepan kelas , sekarang sangat banyak dari mereka menggunakan computer atau laptop sebagai alat bantu untuk presentasi mereka,,,

Apasih dampak positifnya  TEKNOLOGI DIGITAL  didunia pendidikan?



1. Informasi yang didapat oleh siswa/siswi,bahkan guru lebih cepat .
Banyaknya Inovasi dan Semangat untuk pembelajaran  semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
2. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.3. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.4. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.5. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.6. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos, internet dan lain-lain.


Apasih dampak negatifnya  TEKNOLOGI DIGITAL  didunia pendidikan?

  • Banyak dari siswa/siswi yang mals mencari information dari buku ,, karena mereka tergantung dengan Google
  • Hal ini telah mengurangi fokus mereka untuk belajar dan mempertahankan informasi karena mereka bergantung pada media sosial
  • Banyak siswa telah kecanduan dengan gadget digital ini dan ini menyebabkan banyak gangguan saat mereka mencoba untuk belajar atau mempersiapkan diri untuk ujian
  • Hal ini berdampak negatif terhadap prestasi akademik mereka.
  • Mereka mulai mendapatkan nilai rendah di sekolah karena kurangnya belajar dan mengurangi kemampuan menulis.


Apasih kata mereka  TENTANG TEKNOLOGI DIGITAL  didunia pendidikan?

Wikipedia
Salah satu situs ensiklopedia terbesar, yaitu Wikipedia, dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu rujukan terhadap sekumpulan teknik – teknik yang mencakup banyak hal. Lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi merupakan sebuah entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpad melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai – nilai tertentu.

Kamus Besar Bahasa Indonesia
Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI juga memberkan definisi dan juga pengertian lainnya mengenai teknologi. Disebutkan oleh KBBI, bahwa tenologi merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pngetahuan terapan.Lebih lanjut juga dikatakan bahwa teknologi merupakan suatu keseluruhan sarana untuk menyediakan barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan juga kenyamanan hidup manusia. Dari pernyataan Kamus besar bahasa Indonesia tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu metode ilmiah untuk kepentingna praktis yang dapat bermanfaat bagi kebutuhan dan juga kenyamanan hidup manusia.

Poerbahawadja Harahap
 Poerbahawadja Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata teknologi pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tentang cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu pula pada ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik atau industry tertentu. Definisi ini tentu saja sangat mengacu pada definisi praktis dari teknologi, yang banyak ditemukan pada pabrik-pabrik dan juga industry tertentu.
Naisbit (2002)
Naisbit (2002) mengutip pengertian dari teknologi dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa teknologi merupakan sebuah benda dan juga objek, serta bahan dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.
 Miarso (2007)
Pendapat lainnya mengenai pengertian teknologi diungkapkan oleh Miarso (2007) yang mengungkapkan bahwa teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan tersebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox